Home » Jaringan Komputer » Konsep pemrograman object oriented (OOP)

Definisi OOP

Secara sederhana OOP merupakan teknik yang digunakan dalam membuat program yang berorientasi pada sekumpulan object untuk memecahkan suatu masalah.

Object

Lalu apa yang dimaksud sebagai object dalam OOP?

Berikut ini merupakan beberapa point penting mengenai object :

  1. Object merupakan modul yang dibuat oleh programmer
  2. Object bereaksi terhadap sebuah action (event)
  3. Object memiliki member, yaitu : Property dan Method
  4. Object dikelompokkan dalam class

Contoh object -> mobil.

Sebuah mobil tentunya memiliki karakteristik baik itu dari segi tipe, model, ataupun warna. Mobil juga memiliki fungsi seperti melaju, berbelok, mundur, ataupun berhenti. Nah, Karakteristik dari sebuah object disebut  property, sedangkan fungsi dari sebuah object disebut method. Didalam sebuah object juga dapat mengandung object lainnya, misalkan didalam mobil terdapat kursi, steer, speedometer, ban dan lain sebagainya, dimana masing-masing object tersebut memiliki karakteristik dan fungsi tersendiri.

Nah, di dalam Object Oriented Programming, semua data baik itu property maupun method dikemas dan dikelompokkan dalam masing masing object tetapi definisi dari object itu sendiri dirumuskan disatu wadah yang disebut sebagai class.

Adapun keuntungan dari OOP ini adalah salah satunya adalah efisiensi dalam penggunaan memory yang dibutuhkan sebuah program.  Sebelum adanya OOP maka besarnya memory sudah harus dicadangkan dari awal, misalnya sebuah program game harus menyediakan jumlah memory sesuai dengan total jumlah pemain yang ditargetkan.  Nah apabila ternyata jumlah pemain hanya sedikit saja berarti ini pemborosan memory.  Sedangkan dengan OOP pemakaian memory sesuai dengan jumlah object pemain yang diciptakan, jadi memory akan bertambah seiring dengan penambahan jumlah pemain.

Keuntungan lainnya adalah dari segi “Usability” dimana class (object) yang dibuat seorang programer bisa dipergunakan oleh programer lainnya tanpa membuka detil pemrograman yang ada di dalamnya.  Jadi programer lainnya cukup mengetahui property dan method dari setiap object yang akan dipergunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

What is 15 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)
Google+ Plus Follow on Twitter Like On Facebook Email to us

Latest

cara menampilkan kode html dalam postingan
Cara cek artikel yang sudah di index oleh mesin pencari google
Cara disable pesan update notification di wordpress
Cara Merubah URL Login WordPress
menghapus watermark WonderPlugin Slider Free Version 4.3

Recent Posts

Visitor Counter