Tips memilih nama Domain Website

Domain adalah salah satu modal kunci keberhasilan suatu website, domain mewakili profil atau identitas suatu website secara langsung. pemilihan Domain yang bagus dan simple juga akan membantu Search Engine Optimation web anda di internet. Selain itu akan mempermudah perkenalan di masyarakat karena mudah diingat maka calon pengunjung akan memilih situs anda  pertamakali. Berikut Tips memilih Domain untuk website :

1. Sesuai Bisnis, Nama Domain harus mewakili perusahaan, produk ataupun tema website Anda. Sebaiknya gunakan nama perusahaan atau produk sebagai nama domain, apabila untuk website pribadi, gunakan nama Anda sebagai nama domain.misalkan website anda dibidang jasa tour maka pilih www.jasatour.com, jika dalam bidang jasa pembuatan website di bali misalnya:www.balimediadesign.com.

2. Gunakan .com, pilihan extensi utama ketika anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz dan lainnya. Kalo perlu, beli semua extensi yang ada dan forward ke satu website utama, hal ini untuk menjaga penyalahgunaan nama domain oleh orang lain. karena bisa saja orang menjatuhkan nama baik Anda atau website Anda dengan membuat website dengan nama sama dengan extensi yang berbeda.

3. Unik dan Mudah diingat
, pilih domain yang gampang di ingat, unik, dan mudah di ucapkan. Banyak website sukses dengan nama unik maupun kata-kata yang sering kita ucapkan sehari-hari. ini akan memudahkan konsumen untuk mengingat nama domain anda.

searchenginesubmissions cara memilih nama domian

Sama seperti nama pada umumnya, kalo namanya terlalu panjang, biasanya susah untuk di ingat, gunakan tanda “-” untuk pemisah untuk domain dengan dua suku kata atau lebih, atau karena sudah diambil orang, misalnya namadomain.com sudah diambil orang, coba alternative lain seperti nama-domain.com atau menggunakan extensi lain misalnya namadomain.net atau nama-domain.net

4. Jangan Terlalu Panjang, Dalam pemilihan suatu nama domain sebaiknya jangan terlalu panjang sehingga membingungkan calon pengunjung, lebih singkat nama domain Anda, maka lebih baik untuk bisnis Anda,karena disamping faktor mudah diingat juga pelanggan tidak kesusahan dalam mengetik  alamat situs anda di web browser, bukankah pelanggan itu ingin yang gampang dan praktis?.

5. Hindari nama domain yang memakai angka, Dan jangan memilih nama domain yang penulisannya ambigu, atau bisa ditulis dengan banyak versi. Misalkan, domain 123.com. Saat ada teman bermain ke rumah Anda dan bertanya tentang domain yang Anda miliki, mungkin Anda bisa berkata bahwa domain saya adalah “satu dua tiga”.com. Tapi kira-kira apa yang akan ditafsirkan oleh teman Anda?
Apakah 123.com? Atau satu2tiga.com? Atau satuduatiga.com?
Memusingkan, bukan? Dan juga memungkinkan kesalahan ketik. Karenanya, hindarilah.

*Note : Sebelum membeli suatu domain, sebaiknya cek dulu keberadaannya dihttp://whois.domaintools.com/namadomain.com . disana akan muncul informasi nama domian yang anda ketik apakah masih tersedia atau sudah dimiki orang lain. jadi pikirlah dengan bijak nama domain apa yang cocok untuk anda. selamat mencoba…

0 Comments

Leave a reply

You must be logged in to post a comment.